0 5 min 4 tahun

Kisah Laskar Pelangi berlanjut dengan ragam cerita mengenai kawan-kawan Ikal dan keseruan kehidupan masa kecilnya. Ada kisah mengenai Ikal sendiri yang jatuh cinta dengan A Ling, hingga kisah Mahar yang mencari Tuk Bayan Tua di sebuah pulau terpencil.

Pertama kali masuk sekolah , ia sempat membuat keributan dengan mengambil alih tempat duduk Trapina sehingga Trapina yang malang terpaksa pindah. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk disebelah mahar dan tidak mau didebat. Namun, nasib baik menyapanya dan ia diajak seorang petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ditulisnya dalam sebuah majalah, dan akhirnya ia sukses meluncurkan sebuah novel yang bertemakan tentang persahabatan. Ikal sangat berminat pada bidang sastra, terlihat dari kegiatan kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia jatuh cinta pada A Ling yaitu sepupu dari A Kiong, yang pertama kali bertemu di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan.

Di SD Muhammadiyah itulah Ikal dan kawan-kawannya memiliki segudang kenangan yang menarik. Dari waktu ke waktu mereka berdua bahu membahu membesarkan hati kesebelas anak-anak tadi agar percaya diri, berani berkompetisi, agar menghargai dan menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting dalam hidup ini. Mereka mengajari kesebelas muridnya agar tegar, tekun, tak mudah menyerah, dan gagah berani menghadapi kesulitan sebesar apapun. Kedua guru itu juga merupakan guru yang ulung sehingga menghasilkan seorang murid yang sangat pintar dan mereka mampu mengasah bakat beberapa murid lainnya.

Di antara berbagai tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Veris Yamarno) dengan bakat dan kecerdasannya muncul sebagai pendorong semangat sekolah mereka. Film ini dibuka dengan adegan seorang anak kecil yang dibujuk untuk menggunakan sepatu bekas ke untuk berangkat ke sekolah. Bukan masalah bekasnya, tapi sepatu itu adalah sepatu untuk wanita (lengkap dengan warnanya yang pink) padahal anak ini adalah seorang laki-laki. 5 tahun bersama bu muslimah, pak harfan, dan ke-10 anak Laskar Pelangi itu banyak melawati aral melintang.

Lirik Lagu Tak Perlu Keliling Dunia Gita Gutawa Ost Laskar Pelangi 2008

Ia pun berlari melewati padang rumput menuju ke sekolah yang bangunannya hampir roboh itu untuk menjadi penyelamat masa depan kesembilan murid yang sudah gelisah. Sepuluh murid pun sudah terkumpul, mereka pun mendapat julukan Laskar Pelangi oleh Ibu Muslimah.

Ia bersimpuh di balik pintu ayun, semacam pintu koboi, menekuni angka-angka yang bicara, bahkan dalam buku-buku berbahasa Belanda. Ia membuat hitungan yang iseng namun cerdas mengenai berapa waktu yang dapat dihemat atau berapa tambahan surat yang dapat diantar per hari oleh Tuan Pos jika mengubah fee antarnya. Ia membuat perkiraan ketahanan benang gelas dalam adu layangan untuk berbagai ukuran nilon berdasarkan perkiraan kekuatan angin, ukuran layangan, dan panjang benang. 10 orang bersahabat ini mempunyai orang tua yang bekerja sebagai penambang timah.

Namun sayang, perjalanan Ikal untuk bisa bersekolah tidaklah mudah. Kendala pertama, langsung ia hadapi tatkala mendaftarkan diri di sekolah swasta, SD Muhammadiyah Gantong. Karena murid yang mendaftar tak sampai 10 orang, SD tersebut terancam tak bisa membuka kelas baru. Tapi untunglah, berkat sebuah keajaiban, akhirnya sekolah tetap dijalankan dan Ikal bisa menempuh pendidikannya.

Film Laskar Pelangi ini diadaptasi dari sebuah novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata pada tahun 2005. Novel itupun bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah SD dan SMP di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Suatu prestasi yang puluhan tahun selalu digondol sekolah-sekolah PN.

Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra. Sinopsis memeberikan gambaaran yang jelas akan jalan cerita dari sebuah bacaan.

Jawaban Soal Lengkap Sd Kelas 4-6 Hari Ini Rabu 22 Juli 2020, Program Belajar Dari Rumah Tvri

Film dan novel Laskar Pelangi yang sangat fenomenal dan akrab di telinga kita. Edensor menceritakan tentang perjalanan dua orang anak Belitung, Ikal dan Arai. Mereka berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan untuk kuliah di Sorbone Paris. Kisah cerita yang indah terus berjalan dengan kejadian-kejadian yang menjadikan kenangan indah di SD Muhamadiyah, misalnya dengan menangnya Lintang salah satu murit yang sangat cerdas dalam lomba cerdas cermat dengan murit SD yang elit yang berada di kota.