0 4 min 4 tahun

Film India Rang De Basanti

Untuk membuktikan dirinya bukan teroris, Riswan berusaha mencari Presiden terpilih Barack Obama untuk mengatakan “Namaku adalah Khan dan aku bukan teroris”. Mereka hidup bersama dan Barfi menyadari bahwa Jhilmil adalah gadis yang setia mencintai tanpa syarat dan patut dilindungi.

Saat asyik menonton, salah satu dari mereka mengganggu penonton lain yang berbuat tak senonoh. Sialnya, pria yang mereka ganggu itu ternyata adalah salah satu guru mereka. Menyadari hal tersebut, Rohan dan kawan-kawan segera berusaha melarikan diri, yang sayangnya gagal mereka lakukan.

Rang De Basanti adalah film drama Bollywood yang ditulis, diproduseri, sekaligus diarahkan oleh Rakeysh Omprakash Mehra. Film yang meraih nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang BAFTA Awards 2006 ini menceritakan seorang sineas dokumenter Inggris yang sangat ingin membuat sebuah film tentang pejuang kemerdekaan India. Ketika sampai di negara itu, ia meminta lima orang pemuda untuk berakting di filmnya.

Ketika mereka sedang melakukan demontrasi, mereka diserang oleh anggota kepolisian atas perintah pihak pemerintah sehingga DJ dan teman-temannya mengalami luka-luka. Mengetahui Aslam dilarikan ke rumah sakit, membuat Amanullah Khan ayahnya merasa sedih.

Dua pencapaian itu seolah membuktikan bahwa dirinya tidak hanya bertalenta, tapi juga cantik luar dalam. ini mengisahkan tentang kisah cinta yang tidak direstui oleh keluarga karena perbedaan standing. Dibalik layar pembuatan suatu movie, ternyata para artis tidak sungkan mengekspresikan sifatnya. Dibalik layar proses pembuatan film tersebut, tampak Sonam begitu memperhatikan Fawad dengan merapikan rambutnya. Aktris cantik Aishwara Rai pernah membintangi Jodhaa Akbar versi terdahulu yang berhasil memikat para penontonnya.

Suatu hari Sue menemukan sebuah buku diary milik kakeknya, yang seorang mantan petugas penjara Inggris pada masa gerakan kemerdekaan India. Dalam buku tersebut, dituliskan bagaimana perjuangan para pemuda India melawan penjajahan Inggris semasa itu yang membuat Sue tertarik untuk memfilmkannya. Arjun Rampal sebenarnya sudah bersedia tampil di movie ini, namun ia merasa jengkel dengan sutradara Rakeysh Mehra yang dianggapnya tidak tegas dengan karakter dan skenarionya. Arjun menyebut Mehra “sangat membingungkan” dan “tidak profesional” sebelum keluar. Arjun bahkan juga menyesal pernah setuju membintangi film ini lantaran ia sudah menghabiskan waktu tiga bulan sebagai persiapan memerankan karakternya.

Sue datang ke India dan disambut oleh temannya Sonia dari University of New Delhi yang membantunya untuk mencari actor mengisi peran ke lima aktivis tersebut. Pada tahun 1958, Mother India menjadi movie India pertama yang meraih nominasi Film Berbahasa Asing terbaik di ajang Academy Awards. Film India lain yang berhasil masuk dalam kategori ini adalah Lagaan, yang dirilis pada tahun 2001. Film ini bertutur soal bersatunya warga sebuah desa yang kekeringan, mengambil alih kembali kampung mereka dari penjajah Inggris yang menerapkan pajak yang tidak adil. Tanpa diduga-duga film yang semula dikhawatirkan akan membosankan ini menjadi movie field workplace.

Tanpa sadar, peran mereka sebagai pejuang kemerdekaan India, membangkitkan semangat patriotisme mereka. Rohan Singh sebelumnya adalah seorang siswa di salah satu sekolah berasrama di kota Shimla. Satu malam ia dan tiga orang temannya keluar dari gerbang sekolah dan berangkat ke kota untuk menonton film dewasa.

Hal tersebut membuktikan bahwa kecantikannya telah diakui oleh banyak orang. Sukses di dunia modeling, nama Diana Penty di Bollywood justru semakin pudar. Soha memulai kariernya dengan menjadi lawan major Shahid Kapoor dalam movie Dil Maange More . Tetapi meskipun sudah memiliki ‘orang dalam’, ia justru gagal bersinar di Hollywood.

Film India Rang De Basanti

Pemfilman

Rang De Basanti menampilkan sejumlah aktor kenamaan dengan bintang utama Aamir Khan. Berikut sejumlah fakta menarik seputar movie berdurasi 157 menit ini.