0 7 min 4 tahun

Review Chernobyl

Mereka tahu di mana katup itu, jadi mereka adalah orang yang tepat untuk tugas itu. Viktor Bryukhanov duduk di samping wakil kepala insinyur Anatoly Dyatlov dan kepala insinyur Nikolai Fomin dalam persidangan kasus tragedi nuklir itu. Namun, Oleksiy Breus melihat penggambaran mereka di dalam serial itu sebagai “bukan fiksi, tetapi kebohongan terang-terangan”. Cahaya oranye kemerahan yang terlihat dari Kota Pripyat juga ternyata mengundang para warga untuk melihatnya lebih dekat. Para warga berkumpul diatas sebuah jembatan penyebrangan kereta bersama sanak tetangga untuk menikmati keindahan cahaya tersebut.

Hal senada juga diutarakan Lucy Mangan dalam The Guardian menyebut drama ini membingungkan di mana banyak pertanyaan historik yang tidak terjawab dalam movie ini, yang diangkat dari sebuah kejadian nyata. Dilansir Vanity Fair, pada minggu debutnya, pencarian Google tidak hanya tentang “chernobyl”, melainkan juga “ebmk reactor”, “valery legasov”, dan “pripvat” mencuat tajam. Intitut Energi Nuklir , sebuah badan pembuat hukum industri teknologi nuklir, segera membuat salinan fakta mengenai Chernobyl itu sendiri. Saya melihat pengorbanan buruh batu bara yang berani mengorbankan hidup dan tubuhnya demi menyelamatkan penduduk Uni Soviet.

Para masyarakat Ukraina pun menikmati ledakan itu karena menghiasi langit Ukraina layaknya pesta kembang api. Permasalahan mulai muncul karena udara di Chernobyl terdampak ledakan itu berbahaya untuk dihirup. Ledakan yang disebabkan oleh nuklir tersebut mencapai degree 7 dan melibatkan hingga 7 ton nuklir ke atmosfer. Bencana ini meningkatkan perhatian mengenai reaktor fisi di seluruh dunia dan ratusan proposal reaktor, termasuk diantaranya yang sedang dibangun di Chernobyl (No.5 dan 6) akhirnya dibatalkan. Serial Chernobyl juga dibintangi Stellan Skarsgård sebagai PM Soviet Boris Shcherbina yang dikirim untuk memimpin pemerintah di Chernobyl mengatasi permasalahan tersebut.

Vasily Ignatenko, digambarkan dalam serial sebagai salah satu petugas pemadam kebakaran pertama yang dikirim untuk mengatasi kobaran api. Kisah dalam mini-series ini timpang dalam hal keadilan, terutama dalam menceritakan krisis humanis. The Guardian menyebut drama ini membingungkan, banyak pertanyaan historik yang tidak terjawab dalam serial yang diangkat dari kejadian nyata ini.

Sesuai dengan judulnya, Chernobyl bercerita tentang tragedi ledakan reaktor nuklir Chernobyl yang terjadi di Ukraina pada tahun 1986. Kecelakaan tersebut merupakaan salah satu kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah. Jika penonton sadar, sejak awal episode ditunjukkan ada semacam birokrasi berbelit-belit, ditutup-tutupi, bahkan bisa dikatakan ribet untuk penanganan awal bencana Chernobyl. Selain membawa nafas sejarah yang tak terungkap, Chernobyl juga dijadikan pembelajaran bagi para ilmuwan untuk menciptakan reaktor nuklir yang benar.

Mereka menanggung beban paling berat dari radiasi nuklir, juga mereka yang tinggal di Kota Pripyat yang mengalami komplikasi kesehatan akibat ledakan itu. Kota Pripyat, Ukraina dulunya masuk dalam bagian Uni Soviet merupakan lokasi meledaknya reaktor nomor four. Setelah ledakan tersebut sarkofagus khusus yang terbuat dari baja dan beton dibuat untuk menutupi reaktor tsb untuk mrmbatasi kontaminasi radioaktif terhadap lingkungan, juga melindunginya dari paparan iklim. Chernobyl menampilkan perjuangan para manusia yang terjebak atau berusaha mengatasi bencana kebocoran reaktor nuklir dekat Kota Pripyat, Ukraina, pada 1986 silam. Serial ini adalah dramatisasi yang diupayakan seakurat mungkin menggambarkan kondisi Soviet dekade eighty’an.

Laporan terakhir menyatakan bahwa sang pilot, Anatoly Grishchenko meninggal karena gagal jantung, empat tahun setelah ledakan Chernobyl. Supervisor yang bertugas di Chernobyl pada hari naas itu diperankan oleh Sam Troughton. Aleksandr awalnya menolak seolah tidak percaya bahwa reaktor telah meledak, ia meninggal karena ASR dua minggu setelah ledakan tsb. Bisa dibilang ialah tokoh utama dalam miniseries ini, dari awal reaktor 4 meledak Legasov lah yang paling getol memaparkan bukti-bukti akan bahaya yang mengancam keberlangsungan penduduk Pripyat. Hingga akhirnya penduduk Pripyat berhasil diselamatkan dengan mengevakuasi mereka ke tempat yang lebih aman.

Pantas saja menyerupai suasana PLTN, dan memberi kesan realistis yang bikin kita ngeri sendiri. Penikmat serial televisi sempat masygul setelah menyadari Game of Thrones tayang episode pamungkasnya pada Mei 2019. HBO, salah satu saluran TV kabel terbesar itu, tampaknya belum punya suguhan menarik lainnya dalam waktu dekat, kecuali kalian mau nonton ulang episode lama GoT.

Review Chernobyl

Adegan ini diakui karena fakta keberanian kru helikopter Chernobyl yang mengorbankan diri untuk menyelamatkan jutaan jiwa. Serial ini telah mendapat tepuk tangan meriah atas representasi budaya Uni Soviet, meski pada saat terjadi bencana. Desainer produksi jelas melakukan banyak penelitian untuk memastikan movie ini menghadirkan visual nyata.

Padahal kita sendiri sebagai orang awam tentu tidak semudah itu mempelajari apa itu nuklir. Semua penjelasan ilmiah tersebut disampaikan melalui interaksi antar kharakter yang berlangsung alami. Beberapa kharakter penting dalam film ini pun diambil dari tokoh nyata yang terlibat, seperti Professor Valery Legasov, Boris Shcherbina, Victor Bryukhanov, Anatoly Dyatlov, Nikolai Fomin dan beberapa nama lain . Kutipan diatas merupakan beberapa kalimat yang muncul sebagai pesan dalam mini collection Chernobyl.

Film ini dianggap cukup berani, karena mengangkat kisah tentang radiasi tak kasat mata dan propaganda Rusia bukan perkara mudah untuk didramatisir. Meski banyak menggunakan istilah-istilah berbau fisika, miniseri Chernobyl tetap sangat seru untuk ditonton. Selain itu, setting waktu dan tempat yang disuguhkan benar-benar menggambarkan betapa mencekamnya Chernobyl di tahun 1986. Ketegangan semakin lengkap ketika scoring musik yang disertakan cukup dalam memadukan keseluruhan elemen yang dibangun.

Terjadi Kebakaran Hutan Di Zona Chernobyl Ukraina, Radiasi Meningkat 16 Kali Dari Biasanya

Sehingga karakter Mikail di miniseries ini pun mendapat kritikan dari pihak luar, yaiyalah udah parah begitu masih menunda-nunda muluk. Gemes saya tuh waktu nonton miniseries ini, tapi meski begitu Mikail Gorbachev merupakan orang pertama yang mengakui bahwa bencana nuklir Chernobyl ini adalah salah satu alasan runtuhnya Uni Soviet. Kisah bencana ledakan reaktor nuklir ini, seperti diceritakan dalam miniseri yang disiarkan HBO/Sky, mendapat penilaian 9,6 di situs IMDb, menjadikannya serial ini menjadi tayangan TV peringkat atas. Lupakan dulu Game of Thrones Season eight yang berakhir mengecewakan , HBO memiliki Chernobyl sebagai pengobatnya. Series ini diangkat dari kejadian nyata kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl tahun 1986 .

Review Chernobyl