0 6 min 4 tahun

Jaws pun berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, seperti pada Oscar tahun 1976 dalam kategori Panata Suara Terbaik, Editing Terbaik dan Musik Terbaik. Di Internet Movie Database atau IMDb, situs yang rajin memberikan ulasan dan penilaian terhadap movie, Jaws mendapatkan skor eight.zero dari para penontonnya.

Musim panas 1975, setahun setelah novel diluncurkan, Steven Spielberg merilis film Jaws. Serangan hiu legandaris ini diwujudkan nyata oleh Spielberg menggunakan robotic mekanik. Sejak saat itu, pengalaman berenang orang-orang tidak pernah sama lagi.

Seratus tahun yang lalu, Presiden AS, Woodrow Wilson, tengah berlibur di rumah musim panasnya di Asbury Park, New Jersey. Jaws menceritakan tentang seekor hiu pembunuh yang lepas di Pantai Amity. Pantai ini sendiri merupakan sebuah lokasi yang dipenuhi dengan nelayan dan juga selalu ramai oleh wisatawan saat musim panas. ISTIMEWASelama ini, Lee Fierro mendedikasikan hidupnya di Island Theatre Workshop.

Sekelompok orang mengangkat senjata, berlayar ke laut untuk memburu hiu putih itu. Si hiu akhirnya mati ditembak ketika sedang menyerang kapal si pemburu. Tahun 1974, Peter Benchley pun mengisahkan kisah serangan hiu itu dalam novelnya. Dalam rangkaian serangan yang dimulai sejak 1 hingga 12 Juli itu, si hiu menunjukkan kekejamannya dalam jarak yang cukup jauh 112,6km.

Membentuk formasi dengan Ron sebagai ahli sinematografi, permintaan demi permintaan film pun terus membanjiri pasangan ini. Dengan segala keahlian Valerie bercengkerama dengan binatang laut buas tersebut, ia juga tak lepas dari beberapa serangan liar. “Tidak ada yang besar. Ia tidak dapat menggigit saya karena saya langsung menyergap moncongnya,” kata Valerie. Sisanya hanya cerita tentang tiga orang lelaki yang jauh dari istri, anak-anak, para turis dan ributnya politik.

Sinopsis FIlm Jaws

Awalnya kita hanya disuguhi sudut pandang orang pertama dalam hal ini sudut pandang hiu yang mengincar mangsanya dari bawah laut. Teknik ini sekarang sudah banyak diadaptasi tapi tentu saja makin tidak efektif. Lalu disaat movie mencapai klimaks barulah sanghiu muncul dengan segala keganasannya membuat kemunculannya efektif dan tidaklah hambar. Bandingkan dengan film-film jaman sekarang yang juga menampilkan hiu, apakah anda merasa diteror?

“Itu membuat pembantaian besar-besaran terhadap hiu yang tidak akan pernah menyakiti manusia, dan mereka menyalahkan saya dan Ron,” tutur Valerie. “Ron dan saya merasakan bahwa binatang Sinopsis Film laut harus diperlakukan dengan hormat dan mereka akan menghormati Anda juga,” kata Valerie. Di akhir masa remajanya, ia mengikuti Klub Penombak Ikan St George di Sydney.

Atau Anda tidak akan melompat sedikit, saat segitiga hitam yang seram itu muncul di layar. Tetapi, saya setuju kenapa film ini diberi score PG , bukannya R , padahal saya salah satu penonton film yang paling mudah ketakutan. Sementara itu puluhan ribu orang di seluruh dunia, menjadi takut berenang di laut karena menonton Jaws, “banyak yang tak mau bahkan untuk memasukkan kakinya ke air, karena film ini,” tutur Burgess. KOMPAS.com – Aktris peran Lee Fierro yang berperan sebagai Mrs Kintner dalam movie Jaws meninggal dunia akibat terpapar virus corona. Selain jago menombak ikan, Ron juga seorang sinematografer bawah laut.

Walaupun jika dilihat sekarang kisahnya biasa saja, tapi saya bisa membayangkan bagaimana teror yang dirasakan oleh penonton jaman dulu. Robot hiu yang dibuat dalam movie ini juga terlihat realisits dan mampu menebar teror dengan keganasannya. Hiu yang jadi penyebar teror tidak muncul secara gamblang hingga satu jam pertama movie. Hal itu tentunya akan membuat penontont khususnya dari masa itu yang notabene masih belum mendapat gambaran pasti bagaiaman sosok hiu ganas muncul di layar lebar tegang dan menanti secara was was sosok sang pembunuh.

Selain itu, karakterisasi ketiga tokoh utamanya juga menarik dan menjalin chemistry yang baik terutama disaat mereka bertiga bersama-sama berburu hiu ditengah lautan. Seorang polisi takut air, ahli oceanografi kaya yang yakin pada kemampuannya, hingga seorang pemburu hiu kasar. Ketiganya berinteraksi dengan menarik, membuat movie ini punya momen yang tidak kalah mengasyikkan walaupun sang hiu tidak sedang menebar teror. Tidak seperti film hiu jaman sekarang yang makin tidak pelit memperlihatkan sosok sang pemangsa karena ingin pamer spesial efek tapi jadinya malah menghilangkan teror dan ketegangan, “Jaws” tidak seperti itu.

Sinopsis FIlm Jaws

Dia mulai menyerang dari kota pantai di utara tempat wisata populer, Atlantic City, hingga ke pelabuhan New York. Pada Juli 1916, lima orang Amerika yang sedang berenang diserang seekor hiu putih ‘remaja’ di pantai Jersey. Kabar serangan hiu di New Jersey sempat menjadi headline, menggantikan berita terkait Perand Dunia pertama.

Penyerang Syekh Ali Jaber Disebut Polisi Dilandasi Motif Kebencian, Pengamat: ‘Ada Indikasi Mengarah Ke Kelompok Radikal’

“Jaws” mungkin mempunyai beberapa hal yang membuat movie ini mempunyai rasa B-Movie, tapi penanganan dari Spielberg membuat “Jaws” jadi bukan menjadi movie kelas B. Teror yang ditebar karena suasanan yang mencekam dibanding hanya mengandalkan serangan-serangan hiu yang kosong dan asal sadis adalah salah satu alasan hal tersebut.