0 4 min 4 tahun

I Can Speak (2017)

Film ini diangkat dari kisah nyata Lee Yong-Su salah satu korban yang bersaksi dalam dengar pendapat Dewan yang diadakan untuk keperluan pengambilan keputusan mengenai Resolusi Dewan 121. Film I Can Speak diangkat dari kisah nyata Lee Yong-Su salah satu korban yang bersaksi dalam dengar pendapat Dewan yang diadakan untuk keperluan pengambilan keputusan mengenai Resolusi Dewan 121.

Ketiga, film ini ternyata membahas isu yang lebih mendalam dan serius yang mungkin sering kali terlupakan. Di period seperti sekarang, perbudakan seks semacam jadi masalah yang tersembunyi di balik political hollabaloo, tren musik dan fesyen terkini, dan semacamnya. Padahal, praktek perbudakan seks masih terjadi, bahkan terhadap anak-anak, meskipun prakteknya dibalut dalam “kemasan” yang berbeda. Membaca beberapa sumber, para comfort girls ini diambil atau dipisahkan dari orang tuanya untuk dibawa ke semacam brotel dan dijadikan pekerja seks untuk para anggota militer Jepang yang butuh “tatih tayang”. Sedihnya lagi, pekerja seks ini nggak hanya orang dewasa atau remaja, tetapi juga anak-anak.

Setelah Korea merdeka dari penjajahan Jepang, nasib para budak seks ini nggak lantas membaik. Karena dipisahkan dari orang tuanya, ya mereka jadi harus hidup sendiri. Ketika orang lain tahu bahwa mereka bekas budak seks, mereka juga mendapatkan perlakuan nggak baik atau dipandang sebelah mata. Di satu sisi, saat Na Ok Boom mengetahui Park Min Jae mahir berbahasa Inggris, ia langsung memburu sang petugas, dan meminta untuk mengajari bahasa Inggris secara privat.

Suatu pesan yang mendalam agar kejadian seperti itu termasuk pelecehan seksual tidak seharusnya disembunyikan. Perempuan seharusnya tidak tinggal diam, karena kita bisa bicara, dan kita harus bicara meskipun banyak orang yang akan menentang dan berusaha membuktikan bahwa kita salah.

I Can Speak (2017)

Sayangnya, interpreter yang menerjemahkan testimoninya nggak akurat dan justru menyampaikan pesan yang jauh berbeda. Sejak saat itu, sahabatnya ini belajar Bahasa Inggris mati-matian supaya bisa bersaksi sendiri. Adegan ini semacam memberi tahu kita bahwa setelah berani bicara pun, perjuangan mendapatkan keadilan masih jauh karena hal-hal tak terduga.

Untuk itu kita tidak semestinya mengabaikan orang-orang yang berani mengumpulkan kekuatannya untuk berbicara di hadapan publik tentang isu tersebut. Nenek Ok Boon setiap hari selalu mendatangi kantor Park Min Jae untuk membuat pengaduan atas kejadian-kejadian yang ditemui di sekitarnya. Pegawai lama yang sudah mengetahui kebiasaan si nenek banyak yang tidak mau menghadapi nenek Ok Boon dan menugaskan Min Jae untuk menerima seluruh komplain dari sang nenek.

Cha Tae Hyun Mati Suri Dan Kunjungi Alam Gaib Di Trailer Film ‘Along With The Gods’

Film ini mengangkat cerita tentang tuntutan keadilan bagi para perempuan yang pernah jadi korban budak seks kolonial Jepang. Resolusi Dewan 121 disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Amerika pada 2007, tentang perbudakan seks zaman perang dan kolonialisme yang dilakukan oleh militer Jepang. Film I Can Speak jadi proyek layar lebar ke-2 Lee Je Hoon di tahun ini, setelah Anarchist from Colony yang juga meledak di pasaran. Na Moon Hee sendiri terakhir muncul di film Miss Granny yang juga sangat sukses, hingga berhasil menyabet 5 penghargaan bergengsi dalam dan luar negeri.

I Can Speak (2017)