0 5 min 4 tahun

Review FIlm Lady Bird

Lady Bird Review

Review FIlm Lady Bird

Bagaimanapun pendidikan harus berakar dari keluarga, bukan di sekolah. Sepanjang movie, “Lady Bird” memang ditampilkan kurang akur dengan ibunya. Tetapi dia punya ayah, Larry McPherson , yang selalu terbuka, bisa diandalkan, dan bersikap hangat. Seakan menambal absennya kasih ibu yang tidak dirasakan Christine.

Review FIlm Lady Bird

Film hanya menunjukkan momen-momen yang kita hadapi kalo kita berada dalam situasi Lady Bird. Lantas apa yang membuat Lady Bird istimewa hingga layak masuk nominasi Oscar? Kuncinya terletak pada penggarapan sutradara sekaligus penulis Greta Gerwig. Perempuan berusia 34 tahun ini mampu menggabungkan berbagai macam elemen penceritaan dengan pas.

Ia seakan menjadi bangau yang terbang tinggi, teringat kubangan nan jauh. Ya, “Lady Bird” memang sederhana, namun movie ini tidak bermain-primary dengan hati Anda. Namun, ada satu pesan yang begitu mengena di hati saya, bahwa sang ibu begitu memahami hal terkecil dalam hidup Lady Bird. Selera berpakaian Lady Bird yang tidak biasa begitu dipahami Marion, yang bersama suami mendukung Lady Bird dengan cara mereka masing-masing. Setiap realita yang diceritakan begitu nyata , karena ‘nyata’ adalah kata pertama yang saya pikirkan ketika selesai menonton salah satu Nominasi Film Terbaik Oscar tersebut.

Sikap keduanya keras kepala hingga terjalin tumpang-tindih dialog dan kemudian debat diakhiri oleh sebuah adegan epik dari Christine. Christine mencirikan seorang remaja yang tidak mampu membendung emosinya dan cenderung melakukan hal konyol. Di tangan sutradara yang berbeda,Lady Bird barangkali tidak akan se-sensitif dan se-private ini. Greta Gerwig dalam debutnya sebagai sutradara berhasil menyampaikan kisah remaja ini dengan highly effective. Entah makanan apa yang ia makan waktu kecil sehingga membuatnya jadi tremendous eksentrik seperti itu.

Sebagian besar unsur dalam film drama ini mengandung sentuhan private dari masa remaja Greta yang berasal dari Sacramento. Begitu juga penciptaan karakter Christine atau Lady Bird yang memiliki banyak kesamaan dengan dirinya saat masih dalam fase pemberontakan saat remaja. Beberapa film drama terbaik biasanya didukung dengan scoring yang menggugah dan setidaknya satu adegan monumental dengan sinematografi dramatis. Namun Lady Bird tidak mengandalkan aspek-aspek tersebut untuk menggugah penontonnya. Sebelum kita sadari, movie sudah mendekati akhir dan ditutup dengan adegan yang tenang tanpa lonjakan emosi tertentu.

Namun, lo juga harus bijak menjalani kehidupan dengan mau mendengar apa yang baik dari orangtua dan juga sahabat lo. Rentetan adegan demi adegan diisi dengan dinamika musik yang harmonis.

Film tentang kisah coming-of-age atau pendewasaan perempuan muda masih cukup jarang. Lois Smith, seorang suster yang sangat orisinal, tak jahat tapi juga tak menggemaskan, dan menjadi karakter yang bebas dari klisé akan karakter suster.

Review FIlm Lady Bird

Simpan nama, e-mail, dan situs net saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya. Mereka benar-benar menguasai emosi dari setiap dialog yang ditulis Gerwig dengan sangat hidup.

Mereka berhubungan mesra, membuat Christine ingin bergabung dengan keluarga Danny untuk makan malam Thanksgiving daripada makan malam dengan keluarganya sendiri. Hubungan mereka tiba-tiba berakhir saat Christine melihat Danny berhubungan dengan seorang pemuda di kamar mandi di sebuah kios.

Meski Christine sering berdebat dengan ibunya, Marion, saya justru menilai bahwa itu lucu dan menunjukkan hubungan romantis mereka. Dialog-dialog adu mulut mereka justru menunjukkan jika keduanya perhatian terhadap masing-masing. Keromantisan rasa sayang dan cinta tidak hanya harus diekspresikan dengan sesuatu yang hangat atau intim. Chemistry yang baik diperlihatkan Saoirse Ronan dan Laurie Metcalf sejak menit-menit awal, di mana mereka berdebat di dalam mobil.

Bahkan, film ini mendapatkan nominasi dari berbagai ajang penghargaan, termasuk lima nominasi dari Academy Awards dan masuk ke dalam 10 movie terbaik 2017 versi Time. Academy Awards 2018 menominasikannya sebagai Skenario Orisinal Terbaik , selain empat nominasi lain untuk Sutradara Terbaik , Film Terbaik, Aktris Terbaik , dan Aktris Pendukung Terbaik .

Dunkirk, Film Perang Sempurna Lima Bintang

Enggak mengherankan kalau film Lady Bird layak ngeraih penghargaan “Best Pictures” dalam ajang Golden Globe 2018. Ronan pun menang sebagai “Best Actress” dan film ini masuk lima nominasi dalam ajang Oscar. Konflik antara anak dengan ibu menjadi soal yang tiada habis-habisnya dijadikan bahan baku karya seni. Tiap orang yang pernah remaja sekali-dua akan bertentangan dengan kehendak orang tuanya.

Review FIlm Lady Bird