0 5 min 4 tahun

Film pun dimulai dari Naga lahir hingga anak-anak saat bermain dengan sahabatnya Mariam dan Lukman. Ibu Naga digambarkan sebagai sosok yang bertanggung jawab membentuk jatidiri dan pribadi Naga yang berpengaruh pada prinsip hidup Naga dewasa.

Untuk peran satu ini, Gusti Randa memang sengaja memilih Puan tanpa harus melakukan casting. Selama perjalanan di udara, Puan Maharani menghafalkan naskah dialog yang diberikan. Gusti Randa cukup beruntung karena dialog itu bisa dihafalkan dengan baik oleh Puan. Pun dengan penghargaan, baik Nagabonar Jadi 2 maupun Naga Bonar sukses diapresiasi oleh sejumlah penghargaan perfilman. Sebut saja Festival Film Indonesia yang menobatkan Nagobonar Jadi 2 sebagai Film Terbaik 2007 dan Naga Bonar sebagai Film Terbaik 1987 silam.

Meskipun sulit menyamai Naga versi Deddy Mizwar, tapi Gading memiliki value yang berbeda. Naga Bonar di tangannya memang masih menjadi karakter yang lugu tapi sok tahu, tetapi tidak lagi berkarakter cengeng.

Niat baik yang patut diapresiasi, namun tidak sampai membuat kami untuk merekomendasikan film ini. Coba saja nonton jika penasaran dengan hasilnya, setidaknya untuk Anda yang kangen akting Gading Marten dan ingin melihat kiprah aktris teater senior seperti Rita Matu Mona di dalam movie layar lebar. Film Naga Bonar versi 1987 adalah movie berkategori legendaris dalam khasanah perfilman Indonesia. Film dengan karakter fiksi yang ikonik dalam sosok Naga Bonar ini menurut Mutiara Sani, ditulis oleh Asrul Sani bersama dirinya dan disutradarai oleh M.T. Risyaf dan meraih banyak penghargaan Festival Film Indonesia 1987, termasuk untuk kategori Film Terbaik dan Aktor Utama Terbaik untuk Deddy Mizwar sebagai Naga Bonar.

Setelah beberapa perlawanan yang sengit, Naga Bonar dititahkan dari markas untuk mundur karena perundingan dengan Belanda mau dilaksanakan. Kejutan buat pemirsa, film ini akan menampilkan akting putri mahkota partai banteng Puan Maharani. Eh terus saya jadi sadar, Puan rada mirip pemeran-Kirana-yang-sekarang-politikus-Golkar Nurul Arifin ya nggak sih? Selain Puan Maharani, movie ini juga akan menampilkan Roy Marten dan Djarot Saiful Hidayat sebagai kameo.

Hanya saja, untuk sejumlah pemain yang sudah uzur dan meninggal digantikan suaranya dengan pemain baru. Dalam sekuel ini untuk Nagabonar , Nagabonar yang lama diminta untuk tinggal dengan Bonaga, anak didik asingnya, untuk sementara di Jakarta. Ini adalah upaya oleh Bonaga untuk meminta izin Nagabonar untuk mengubah perkebunan palm keluarga menjadi resor. Film berjudul Naga Bonar Reborn siap menghibur masyarakat pada bulan Oktober mendatang. Ini merupakan film remake yang disutradarai oleh Dedi Setiadi dan diproduseri oleh Trimedya Panjaitan dan Gusti Randa.

Lebih lanjut, Gusti Randa mengaku sempat sedikit terganjal saat film masuk ke Lembaga Sensor Film. Namun karena memiliki bukti, pihak LSF pun meluluskan untuk tayang dengan rating thirteen tahun ke atas. Bila dibilang melanggar hak cipta, Gusti Randa mengaku sudah mendapatkan hak pembuatan movie dari ahli waris Asrul Sani yakni sang istri bernama Mutiara Sani serta anak-anak mereka. “Nagabonar Reborn ini bukan film sejarah, tapi film yang melegenda, sehingga saya memiliki keleluasaan untuk mengembangkan cerita.

Selain menang sebagai Film Terbaik, beberapa kategori bergengsi lainnya juga dikantongi dua film ini. Fimela.com, Jakarta Film Naga Bonar sukses menyelipkan unsur komedi di samping kisah patriotisme sang tokoh utama. Hingga lebih dari tiga dekade berselang, movie yang dibintangi oleh Deddy Mizwarini hampir tak pernah absen ditayangkan di televisi nasional, terutama saat momen HUT RI tiap tahunnya. Secara keseluruhan, masih movie yang bagus dan harus dilihat dari setiap indonesia.

Dibakar api cemburu ditambah lagi melihat rekannya Lukman yang pandai dan menjadi pejuang kemerdekaan, membuat Naga tidak ragu lagi untuk ikut menjadi pejuang. Sampai akhirnya Belanda menyerah yang membuat Naga merasa peluangnya untuk mendapatkan cinta Kirana makin terbuka lebar. Persiapannya panjang dari menghafal naskah lalu menyampaikannya bersama lawan primary di depan kamera dengan pure. Dalam Nagabonar Reborn, Puan Maharani menjadi kameo alias figur publik terkenal yang tampil singkat dalam movie.

Reza Zakarya Mengaku Sosok Uyaina Arshad Pernah Muncul Di Mimpinya

20 tahun pasca beredarnya movie pertama, Deddy Mizwar yang memerankan karakter Nagabonar pilih menyutradarai dan ikut bermain dalam sekuel bertajuk NAGABONAR JADI 2. Aktris Rita Matumona selaku pemeran Mamak Nagabonar mengatakan bahwa Nagabonar Reborn adalah sebuah cerita yang lengkap yang menjelaskan kisah dari awal jendral tersebut dilahirkan. Gading bersanding dengan Citra Kirana yang memerankan tokoh Kirana, perempuan Batak pintar dan cantik yang menjadi idaman hati Nagabonar.