0 4 min 4 tahun

Performa akting yang brilian dari Reza Rahadian mampu memberikan nilai Plus untuk film ini karena bukanlah perkara mudah memerankan tokoh yang ada di kehidupan nyata, dikenal banyak orang, dan memiliki karakteristik yang begitu kuat. Reza Rahadian mengeksplorasi kemampuannya berakting sehingga mencapai titik maksimal untuk menciptakan setiap gestur, bahasa tubuh, dan olah vokalnya yang begitu menyerupai tokoh Bapak Habibie. Tidak hanya Reza Rahadian yang mampu masuk dalam jiwa Bapak Habibie, Bunga Citra Lestari juga mampu berakting dengan tak kalah baiknya sebagai sosok Ibu Hasri Ainun yang berkharisma, bersahaja, dan tegar. Ikatan Chemistry kedua bintang utama movie ini mampu menghasilkan berbagai adegan – adegan penuh emosi yang mengharu biru sekaligus penuh cinta. Faozan Rizal yang didapuk untuk duduk di kursi sutradara pun mampu mengeksekusi Habibie & Ainun dengan cukup baik apalagi jika mengingat ini adalah karya perdananya sebagai sutradara.

Ternyata, kecintaannya pada pesawat terbang sudah terjadi sejak ia masih kecil, Rudy sampai rela mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan pesawatnya saat perkampungannya diserang oleh tentara sekutu. Sehingga movie seperti dikejar dateline untuk memenuhi durasi. Jadi, film seperti kurang fokus menyajikan kisah cinta Habibie dan Ainun karena ada unsur-unsur politik yang masuk. Maklum, film ini harus sesuai dengan apa yang juga Habibie inginkan, berbicara mengenai teknologi yang saat itu Habibie kembangkan dan bagaimana ia menjadi Menristek hingga menjadi Presiden RI. Jika Rudy Habibie berfokus pada, properly,Rudy Habibie , maka film ketiga ini, yang awalnya berjudul Ainun, menceritakan lebih jauh soal kehidupan Hasri Ainun Besari sebelum bersatu dengan pasangan sehidup sematinya.

Berdasarkan pengalaman menemani sang ibu yang menjadi bidan di masa kemerdekaan, Ainun bertekad untuk bisa menyembuhkan masyarakat yang sakit. Aku ga suka banget sama pendekatan movie kedua nya yg block buster, berasa over drama. Tidak bisa dilupakan adalah sosok sahabat Ainun, yaitu Arlis , yang teman Ainun dari SMA dan bersama-sama kuliah.

Terus terang untuk film yang satu ini saya tak malu-malu untuk ambil tissue dan membasuh mata saya yang basah karena air mata haru setelah menyaksikan movie ini. Kekuatan karakter dan cinta menjadi suatu spirit yang mengambil sisi lain seorang putra terbaik tanah air BJ Habibie.

Dalam movie Rudy Habibie, kita tahu bahwa Habibie adalah seorang lulusan terbaik. Dalam film Habibie Ainun 3, Ainun juga ternyata sempat dekat bahkan dilamar oleh lelaki lain. Bernama Akhmad, dia adalah anak dari dosen favorit Ainun ketika bersekolah di Universitas Indonesia. Saat di movie Rudy Habibie, kita tahu ketika Pak Habibie berada di Jerman, dia sempat dekat dengan salah seorang temannya yang berasal dari Polandia yang bernama Ilona.

Sumohadi melakukan berbagai cara untuk menyuap Habibie. Mulai dari pemberian gratifikasi , hingga wanita bayaran untuk menggoda Habibie.

Prof Rudy Minta Penyelenggara Pemilu Bekerja Profesional

Suasana romantis penuh haru tidak lepas dari keindahan musik yang meningkatkan temper, yang digawangi oleh Tia Subiakto. Tak ada hitam dan putih layaknya sinetron karena setiap karakter datang dengan latar dan motivasi. Hanya, latar dan motivasi setiap tokoh dijabarkan dengan teknik berbeda. Habibie dan Ainun 3 memulai cerita dari masa kini, sebelum Habibie mangkat. Naskah Habibie dan Ainun three dipoles Ifan Ismail yang dulu menulis Habibie dan Ainun dan berbuah Piala Citra.