0 6 min 4 tahun

Review Film Animasi Moana

Gadis berusia sixteen tahun itu digariskan untuk melanjutkan tahta sang ayah, oleh karenanya sejak kecil dirinya dibesarkan untuk menjadi seorang pemimpin. Mereka melibatkan 800 seniman sekaligus animator demi menyajikan sebuah tontonan yang menarik. Proses pembuatannya pun ternyata memakan waktu selama lima tahun dari mulai riset ke Fiji hingga submit Sinopsis Film-production. Cerita tersebut mengatakan bahwa jantung laut berwarna hijau milik Te Fiti, yang memberikan keseimbangan kehidupan di bumi, telah hilang dan jatuh di tangan yang salah.

Dan movie Moana pun telah menerima pujian dari para kritikus movie yang dengan perhatian khusus mengenai animasi, musik, serta pengisi suara pada movie. Film Moana merupakan movie animasi 3D yang bergenre petualangan beraroma komedi fantasi musikal yang diproduksi Walt Disney Animation Studios. Dan untuk menempuh misinya tersebut, Moana harus bertemu dengan sang legenda dari kepulauan Pasifik Selatan yang menyebut dirinya sebagai manusia setengah dewa, Maui . Jika ini berhasil, Moana dan Maui dapat menyelamatkan desanya dari kutukan yang mengerikan. produksi senilai USD200 juta, Monster University meraih keuntungan USD744,2 juta.

Review Film Animasi Moana

Hanya saja, penggambaran Maui dalam film dianggap terlalu berbau stereotype barat dan tidak sesuai sama gambaran masyarakat setempat. Ini terlihat dari tattoo dan kuncir rambut Maui yang dirasa nggak terlalu sesuai sama budaya asli lokal.

Moana pun akhirnya memaksakan diri pergi melaut dan mengarungi lautan Pasifik untuk mencari Maui untuk bergabung bersamanya. Awalnya Maui enggan untuk mengikuti Moana, namun dengan bantuan kekuatan laut akhirnya Maui pun bergabung bersama Moana. Keduanya berlayar di laut lepas dalam sebuah petualangan penuh aksi, menghadapi monster lava besar, dan peluang yang enggak terduga. Dunia harus menunggu sangat lama sebelum akhirnya Disney memperkenalkan putri Afrika-Amerika bernama Tiana dalam film The Princess and the Frog. Di luar aspek karakter Moana–dan Maui–yang kuat serta deretan soundtrack ajaibnya, film ini memperoleh dukungan pengisi suara high-notch dan grafis visible yang sangat indah.

Ia mulai mencari Maui , sayang semua tidak semudah yang ia bayangkan . Maui memutuskan untuk meninggalkan Moana karena ia takut kehilangan celurit ajaibnya , tetapi Maui tidak jadi meningglakan Moana .

Review Film Animasi Moana

Dengan kecanggihan teknologi terbaru, Disney Studios sungguh menampilkan teknik animasi yang menyerupai kenyataan. Sampai akhirnya nenek Moana, Tala, mengungkap panggilan Moana yang sesungguhnya.

Review Film Animasi Moana

Moana menemukan dewi Te Fiti hilang, dan menyadari bahwa Te Ka adalah dewi Te Fiti yang rusak tanpa jantungnya. Moana memberitahu lautan untuk membersihkan jalan, memungkinkannya mengembalikan jantung dewi Te Fiti, mengubah dewi Te Fiti ke semula. Dewi Te Fiti kemudian menyembuhkan samudera dan pulau-pulau dari kutukan. Maui meminta maaf kepada dewiTe Fiti, yang mengembalikan kailnya dan memberi Moana perahu baru sebelum jatuh tertidur lelap dan menjadi gunung. Satu milenium kemudian, lautan memilih Moana, putri kepala Motunui Tui, untuk mengembalikan jantung dewi Te Fiti.

Griselda sendiri tertarik menekuni dunia animasi karena hobi menggambar sejak kecil. Ia memutuskan pindah ke AS saat kelas dua dari SMA Pelita Harapan Jakarta. Setelah menamatkan SMA-nya di Negeri Paman Sam, ia melanjutkan studi ke Art Center College of Design di Pasadena, California AS dan masuk di jurusan ilustrasi. Film ini rilis bersamaan dengan film Zootopia yang menandai untuk pertama kalinya sejak 2002, Walt Disney Animation Studios telah merilis dua movie di tahun yang sama.

Bahkan, ada konstruksi lain tentang kata ‘Princess’ atau ‘Tuan Puteri’ dalam bahasa Indonesia. Lewat Moana, konstruksi bahasa secara visible dan penampilan fisik dari seorang Film animasi tuan puteri itu diperbarui. Bahwa semua orang bisa menjadi tuan puteri, tak melulu memiliki kulit putih atau badan kurus dengan berbagai gemilau perhiasan dan busana cantik.

Ada nuansa magis khas movie Disney ketika lagu ‘We Know The Way’ diperdengarkan sebagai pelengkap kisah legenda pulau. Moana meraih pendapatan sebesar $248.8 juta di Amerika Serikat dan Kanada serta $394 juta di negara lainnya, menghasilkan whole $642.eight juta di seluruh dunia. Meskipun demikian, Disney tidak mengungkapkan biaya produksi movie ini, dimana kebanyakan filmnya menghabiskan biaya produksi sebesar $150 juta. Selain cerita dan lagu, suguhan visible dari movie yang digarap selama lima tahun itu pun memang tak perlu diragukan lagi. Tak hanya dimanjakan oleh keindahan alam kepulauan, laguna yang berwarna hijau toska, laut, ikan pari yang bercahaya, sekalipun permainan rambut Moana panjang bergelombang yang memesona.

Disney berusaha merombak segala identitas Princess yang kadang kelewat putih dan terlihat sempurna. Mulai dari Princess and The Frog, Tangled, dan Frozen, Disney berusaha untuk mengontruksi ulang identitas dari sosok Princess. Namun, Moana menolak untuk berbalik, mengakibatkan kail Maui rusak parah. Samudra pun membantu dan mengambil jantung dewi Te Fiti dari Moana. Kemudian roh Tala muncul, menginspirasi Moana untuk menemukan panggilannya yang sebenarnya.

Ulasan Film

Disney jelas terlihat sangat berusaha untuk menjual movie ini sebagai movie dengan karakter dan jalan cerita yang unik, tapi kali ini mereka gagal memberikan apa yang mereka jual. Film-film animasi Disney memang terkenal selalu memiliki visual yang indah. Kali ini pun tidak berbeda karena Moana memiliki animasi yang sangat indah.