0 5 min 4 tahun

Permasalahan dimulai ketika sang anak, Do-joon, tiba-tiba ditangkap polisi atas dugaan pembunuhan seorang pelajar. Sang ibu meyakini Do-joon bukan pembunuh dalam kasus itu. Sementara Do Joon yang keluar dari penjara, dan Crazy JP dianggap polisi sebagai tersangka utama pembunuhan kali ini.

Pertanyaan-pertanyaan itu pun akhirnya terjawab di akhir cerita “Mother” yang tak disangka juga didaulat untuk adegan penutupnya. Bong Joon-ho seakan merangkai studi kasus pada setiap plot serta karakter utama yang ia ciptakan. Berjuang hidup seperti itu tak hanya demi dirinya melainkan untuk putra semata wayangnya Do-joon .

Film-film yang digarapnya kerap mengangkat isu sosial yang sangat dekat dengan kehidupan kebanyakan orang. Bagaimana usaha sang ibu melindungi anaknya, berusaha mencari tahu bukti kebenaran namun ternyata fakta yang ia dapatkan tak menyenangkan. Naluri ibu untuk melindungi anaknya, sehingga ia pun memunuh satu-satunya saksi mata agar si saksi mata tidak membongkar rahasia ini.

Akhirnya, dengan keadaan mabuk, Do-joon pun diusir oleh sang pemilik bar. Tahun 2009 mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu tahun yang paling membanggakan bagi industri movie Korea Selatan.

Do Joon juga memiliki seorang teman bernama Jin Tae , sosok pria pengangguran yang bisa menjadi sahabat Do Joon. Meski Do Joon memiliki sedikit keterbelakangan emosional, ia menjalani hari-harinya bagaikan orang biasa.

So don’t talk to me like that, you stupid retard.” Wow, kata ajaib itu diomongin sama Ah Jung. Do-joon pun langsung ngambil batu yang tadi dilempar ke arah Ah Jung, yang ternyata oh ternyata, sangat tepat sasaran, yaitu kepala Ah Jung. Udah gitu, Do-joon nyamperin si Ah Jung dan nyeret badannya ke atap, trus digantungin deh disitu. Si orang tua ga liat sih, pas Ah Jung digantung, dia cuma liat sampe bagian Ah Jung diseret ke atap.

Kedua sisi psikologis kedua karakter utama inilah yang mewarnai kesuluruhan cerita. Beberapa hari kemudian, ibu Do-joon ikutan “Thank You Parents Tour”, dan Do-joon pergi ke stasiun buat nganter ibunya. Trus Do-joon bilang, dia nemuin itu di tempat kakek si-junk collector, dan bertanya2 kenapa ibunya bisa ninggalin itu disitu. Si Ibu pun pergi, sambil ngebawa kotak jarum dengan hati yang hancur banget. Pas di bus, ketika orang tua lain joget-joget sambil nyanyi-nyanyi, ibu Do-joon hanya diam, duduk di bangkunya.

Bagaimana tidak, dua movie mereka, yang sama-sama bergenre thriller, mendapat rekognisi luas dan pujian dari banyak kritikus film dunia. Thirst, sebuah thriller dengan tema vampire yang sedang populer, banyak digambarkan sebagai jawaban yang jauh lebih baik dari Korea Selatan atas Twilight. Ibu Do Joon sebenarnya merasa dilemma, di lain pihak anaknya bersalah namun di lain pihak ia harus melindungi Do Joon. Menggabungkan style madeo drama keluarga serta misteri, Parasite mengisahkan keluarga yang seluruh anggotanya pengangguran.

Film Korea Madeo

Mija pun berusaha mendapatkan kembali Okja dan rela berhadapan dengan pihak-pihak yang menghalanginya. Sebelum Parasite, sebenarnya Okja udah sempat terlebih dulu debut di Festival Film Cannes 2017. Okja merupakan seekor babi super yang diciptakan melalui pembiakan khusus oleh perusahaan bernama Miranda Corporation. Masalah pun muncul ketika Miranda Corporation berusaha mengambil kembali Okja dari Mija.

Selain itu, movie ini juga film yang sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. sudah dikenal di dunia industri perfilman Korea Selatan bahkan dunia sejak hampir dua dekade silam. Mother merupakan salah satu movie yang paling dikenal setelah Memories of Murder dan The Host, jauh sebelum Parasite.

Penayangan The Host sukses menjual thirteen juta tiket saat penayangan di bioskop. Tak hanya itu movie ini juga memborong sejumlah penghargaan dari negara asanya dan mendapatkan reposn positif dari para kritikus internasional. The Host tak hanya sekedar movie monster dengan tujuan menghibur. Bong Joon Ho mengemas sindiran akan isu lingkungan dan politik di dalamnya. Memories of Murder ini menjadi film kedua yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Bong joon Ho.

Jangan Pernah Berubah

Dengan beralasan bahwa Do-joon mengikutinya sehari sebelum meninggal membuat Do-joon harus berada dalam penjara. Do-joon yang mempunyai keterbelakangan psychological membuat dia susah untuk membela dirinya dan menjadi pihak lain mengambil keuntungan dari itu. Hye-ja yang menjadi ibu dari Do-joon berusaha mencari kebenaran dari kasus pembunuhan ini yang mengantarkannya pada beberapa situasi dan kebenaran. Disini kita dapat melihat beratnya perjuangan Hye-ja membukti anaknya tidak bersalah sedangkan banyak pihak yang tidak membantunya. Dalam situasi ini berhasil menimbulkan rasa prihatin kita.

Film Korea Madeo