0 5 min 4 tahun

Review FIlm Moana

Film ini bercerita soal seorang putri pemberani yang mengarungi lautan untuk menemukan seorang manusia setengah dewa yang dapat membantu menyelamatkan warganya. Selain itu, film ini merupakan salah satu karya Disney yang kaya akan muatan budaya lokal. Dalam sekejap Te Ka berubah menjadi Te Fiti yang berwujud perempuan raksasa yang sekujur tubuhnya penuh dengan rumput dan pepohonan hijau yang subur. Pada saat itu juga alam yang rusak kembali menjadi alam indah yang ditumbuhi oleh tumbuhan hijau subur. Akhirnya Moana berpisah dengan Maui dan kembali ke Pulau Motunui dan memimpin seluruh kaum sukunya untuk kembali berlayar ke lautan.

Tahun 1998, datanglah putri baru, Mulan yang jauh dari pendiam. Dia menjadi pahlawan dari kisahnya sendiri, bahkan muncul dalam peperangan dengan pelindung tubuh. Dia adalah putri Disney pertama yang berasal dari suku asli Amerika dan dianggap sebagai salah satu putri yang paling mandiri yang pernah diciptakan.

Tato Maui sendiri bukan merupakan animasi 3D, tapi animasi 2D. Mereka juga pergi ke Republik Fiji untuk mencari tahu bagaimana seorang navigator menjelajah dan hubungan budaya Polinesia dengan lautan.

Menjadi sebuah blog movie independen tidaklah mudah di tengah besarnya bayang-bayang media entertainment yang sudah established sejak lama. Satu tahun pertama, bahan bakar untuk menjalankan blog hanyalah semangat semata. Akhir tahun kedua, operasional blog sudah bisa saya gantungkan terhadap komisi iklan. Meski begitu, kalau boleh jujur, weblog ini bisa dibilang tak pernah untung. Komisi iklan bahkan tak cukup untuk menutupi semua tiket bioskop yang pernah saya beli demi menulis evaluation.

Review FIlm Moana

“Aku tumbuh dengan kisah-kisah seorangDemi-Godyang menarik pulau dari bawah laut. Kisah itu adalah cerita tidurku, menarik sekali pernah mendengarnya,” tuturnya lewat National Public Radio. Selain itu, gubahan musik dari Lin-Manuel Miranda, penggagas pertunjukan Broadway ‘Hamilton’ yang tengah populer, juga membuat movie semakin semarak.

Di Eropa , movie dan nama tokoh ini diganti menjadi Vaiana karena adanya konflik hak cipta dengan nama merek terkenal. Sementara di Italia, movie ini diberi judul Oceana untuk menghindari kesamaan dengan nama bintang porno ternama, Moana Pozzi.

Pertama, saya mendapat wadah yang tepat untuk memuncratkan hobi saya ngobrolin movie. Dari sisi komersil, beberapa kali UP pernah diajak untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti promotor event dan aplikasi ticketing. UP bahkan pernah ditawarkan menjadi media associate dari POPCON Asia, salah satu occasion pop culture terbesar di Indonesia.

Seperti contohnya, untuk gerakan karakter-karakter yang ada di film Moana disesuaikan dengan tarian tradisional Polinesia dan tarian perang Samoa . Karakter Maui juga dibuat berdasarkan perwujudan dari maskulinitas bangsa Polinesia, dapat dilihat dari tubuhnya yang besar, gagah, dan tato yang berada di seluruh badannya. Selain itu, teriakan yang biasa diucapkan oleh Maui yaitu, “Cheeeee Hoo!

Di desain dengan sangat apik, kota tepi pantai ini memang tampak sangat fashionable dengan beragam fasilitas kelas internasional. Pertokoan untuk cinderamata, lapangan golf, museum, dan gedung teater akan sangat mudah anda jumpai di tempat ini. Keindahan yang serupa surga memang digambarkan sangat apik dan menarik.

Selanjutnya mereka berlayar menuju sebuah pulau untuk merebut tongkat sakti berbentuk kail pancingan milik Maui dari seekor kepiting raksasa. Setelah mengalahkan kepiting raksasa tersebut dan merebut tongkat Maui, akhirnya mereka berlayar menuju pulau yang menjadi tujuanakhir petualangan mereka yaitu pulau asal tempat jantung Te Fiti berada. Sebelum mendarat ke pulau tersebut, mereka harus mengahadapi monster jahat berbentuk raksasa lahar berapi bernama Te Ka. Layaknya movie animasi lain keluaran Disney, Moana pun nggak ketinggalan membawa begitu banyak pesan ethical.

Selucu-lucunya Kamakora, seaneh-anehnya Tamatoa, dan seseram-seramnya Te Ka, movie ini tidak punya one true villain yang harus dihadapi oleh Moana dan Maui. Kamakora, Tamatoa dan Te Ka hanya terlihat sebagai batu loncatan, bukan sebagai villain yang benar-benar mengancam. Walaupun twist tentang Te Ka cukup mengejutkan, tapi efek dari twist itu adalah tidak adanya character growth untuk Te Ka. Tidak adanya villain yang memorable seperti Jafar, Scar dan Maleficent menjadi kelemahan Moana. Film Moana bertambah menarik dengan visualisasi indah arahan sutradara Ron Clements dan Don Hall.

Mengapa Terjadi Semburan Lumpur Bercampur ‘Gas Berbahaya’ Di Blora?

Mirip dengan itu, Belle dalam film Beauty and the Beast juga menunjukan niat yang kuat – dia melawan harapan-harapan komunitasnya. Tetapi dia mulai kehilangan jati diri saat dia mulai melihat dunia dari perspektif si Buruk Rupa. Pocahontas, putri Disney pertama yang berasal dari suku asli Amerika. Para putri Disney kerap mencerminkan kegelisahan dan perilaku budaya di masa film itu diluncurkan. Tahun 1930 adalah dekade di mana Disney memperkenalkan Putri Salju, putri Disney pertama mereka.