0 13 min 4 tahun

Sinopsis Film

Seutas tali kemudian ia jatuhkan agar bisa menyelamatkan para tawanan lainnya. Batman pun kemudian kembali melakukan perlawanan terhadap Bane yang telah mengacaukan kota. Agar bisa bertemu dengan Fox yang ikut tertawan, ia pura-pura tertangkap oleh orang-orang Bane.

Demi dapat kembali bertemu dengan anak-anaknya, Cobb menerima misi dari Saito yang ingin mendominasi monopoli energi di dunia. Cobb akhirnya mengumpulkan tim dan mulai menjalani misi supersulit. Film ketiga dari pahlawan Kota Gotham ini sekaligus jadi karya terakhir Nolan di trilogi Batman. Menghadirkan Tom Hardy sebagai Bane, antagonis utama di The Dark Knight Rises, Nolan menyajikan perjuangan Batman buat bangkit setelah sempat dikalahin oleh Bane. Ini sedikit mengingatkan kita sama movie pertama, saat Batman mulai berlatih dan ngumpulin kekuatan setelah jatuh terpuruk.

Ia memulai karirnya sebagai peran pendukung dalam film dan serial TV. “Tapi saya menonton trailer-trailernya dan melihat ada upaya yang lebih menarik, yaitu sebuah tawaran untuk mengisahkan narasi ‘asal-usul’ karakter yang sakit psychological, sesuatu yang tidak dimiliki movie-movie sebelumnya.” “Penggambaran yang dramatis cenderung dilebih-lebihkan dan berkontribusi terhadap bertambahnya informasi yang salah. Mayoritas orang dengan penyakit psychological tidak mengancam.” Publisitas negatif Joker tidak dipengaruhi oleh apa yang terjadi sebelumnya ketika karakter tersebut juga sempat digambarkan dalam movie yang lain. Richard Lawson, dari majalah Vanity Fair, menulis bahwa film tersebut “mungkin merupakan propaganda yang tidak bertanggung jawab untuk orang-orang yang memang patologis”.

Harvey sendiri bekerjasama dengan Rachel Dawes asisten sekaligus kekasihnya. Sementara itu, seorang kriminal kecil bernama Joker memasuki Gotham dan memulai eksperimennya dengan kekacauan terhadap komunitas Gotham. Intrik Joker inilah yang akan mepertemukan mereka dalam nasib yang akan menentukan masa depan mereka.

Itu ia lakukan supaya harapan, semangat serta keyakinan warga Gotham tentang sosok Harvey sang Pangeran Putih tidak luntur. Ia pun kini diburu oleh warga Gotham, karena ia dapat menerimanya. Disaat warga mulai resah, mereka sudah tidak peduli dengan kebaikan Batman. Mereka mulai menuntut agar batman menyerahkan diri dan joker tak akan membunuh orang lagi.

Heath Ledger dalam installment sebelumnya, sulit rasanya membayangkan musuh yang lebih kompleks dan menyeramkan darinya. Namun, interpretasi karakter Bane oleh Nolan yang digambarkan dengan sangat baik oleh Tom Hardy mengubah pandangan tersebut. Penampilan, suara, sifat, dan misteri di balik tokoh antagonis bertopeng tersebut menambahkan bumbu ketegangan yang cukup signifikan. Bahkan ekspresi mata Tom Hardy berhasil menunjukkan kengerian karakter tersebut. Pertama adalah diawal movie saat Bane diselamatkan oleh kelompoknya menggunakan tali bergelantungan dengan cara membajak pesawat terbang maka setelah selesai kelompok tersebut tidak tampak lagi alias menghilang.

Dia yang telah dipromosikan oleh Gordon menjadi seorang detektif dan tidak ikut dalam penyerbuan tersebut malah menemukan beberapa hal mencurigakan di sebuah lokasi proyek pembangunan. Dan ternyata memang benar, mereka adalah kaki tangan Bane yang tengah mengerjakan sebuah proyek peledakan beberapa sektor kota Gotham. Dan akhirnya diketahui bahwa setiap daerah proyek pembangunan di kota Gotham adalah proyek Bane untuk meledakan kota Gotham.

Bukan tidak mungkin ada yang menganggap Joker sebagai pahlawan. Ledger memerankan karakter itu dengan kuat sampai-sampai diganjar penghargaan anumerta Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik tahun 2009, sebuah penghargaan unik untuk movie-film superhero. Durasi movie The Dark Knight Rises lebih panjang daripada film kedua maupun pertama yaitu 164 menit, wheeew. Untunglah alur ceritanya tidak terlalu membosankan meski menurut saya alurnya serius banget ya, properly Batman memang bukan movie komedi so it’s ok. Adegan berantemnya biasa saja, namun peralatan yang dipakai oleh Batman kereeen, Batman sudah tidak pakai bat cellular lagi, tapi pakai motor dan pesawat.

Yang tidak diharapkan, ternyata Heath Ledger, pemeran Joker mutakhir, meniupkan ruh yang luar biasa untuk menghidupkan karakter Joker; cerdas, sadis, sekaligus menggelikan namun loveable. Lho, apakah karakter villain seperti Joker bisa dikatakan loveable? Filmnya sendiri berjalan dengan suspensi yang terjaga, dengan kejutan-demi-kejutan yang membuat kita terhenyak di kursi kita. Bruce Wayne mulai menekuni dengan serius kegiatan malamnya, sementera masyarakat terbelah antara mendukung dan menentang.

Pada suatu ketika, Blake menemukan seorang anak tewas di tepi saluran air dan dia mengetahui bahwa anak itu tinggal di sebuah panti asuhan yang dulu pernah dibiayai oleh Perusahaan Wayne. Dan dahulu ternyata Blake juga pernah tinggal di panti asuhan itu.

Ternyata Dagget mengingkari janji dan berusaha membunuh Selina walau pada akhirnya gagal dan mengundang kedatangan para anggota kepolisian Gotham. Selina berhasil melepaskan diri dan beberapa anggota Dagget melarikan diri menuju selokan air bawah tanah. Jim Gordon dan beberapa polisi pun ikut mengejar mereka ke selokan bawah tanah dan pada akhirnya Jim Gordon dan beberapa polisi berhasil dilumpuhkan oleh sekawanan penjahat tersebut.

Christopher Nolan sedang mencari aktris terkemuka Hollywood dan bakat baru yang sedang naik daun untuk mengisi peran di film Batman berikutnya, “The Dark Knight Rises”. Selama 8 tahun itu pula, Bruce Wayne yg masih hancur fisik dan hatinya akibat kematian sang kekasih di tangan Joker, memilih untuk hidup menyendiri dan terasing dari masyarakat. Sempat dihembus kabar bahwa Nolan enggan meneruskan film ini akibat terpaksa harus merombak konsep original miliknya untuk movie ketiga ini akibat kematian almarhum Heath Ledger sebagai pemeran Joker.

Seperti potongan quote yang ia sampaikan, “it’s about sending a massage.” Namun di sisi lain Batman juga tidak salah dalam mempertahankan “kabaikan” yang ada di dasar hati masyarakat Gotham. Ia masih percaya bahwa moralitas tidak harus dikorbankan cuma untuk meraih kebebasan absolute. Keduanya bolak balik memutar otak kita untuk berfikir lebih dalam.

Ngomong- ngomong soal Oliver Queen teman- teman dapat klik disini untuk mengetahui lebih lanjut serial TV berjudul “Arrow” yang mengisahkan perjalanan Oliver Queen sendiri menjadi Green Arrow. Dan, sebelum menonton movie ini yang perlu kita tahu The Dark Knight Returns merupakan adaptasi dari karya grafik novel Frank Miller terbitan tahun 1986. Jadi jangan khawatir kalau teman- teman tak ingat cerita di film trilogi Batman arahan Christopher Nolan. Karena, cerita movie ini bukanlah lanjutan dari akhir cerita The Dark Knight Rises . Di akhir cerita kita melihat bahwa Batman tetap teguh mempertahankan prinsipnya, ia tidak akan pernah membunuh Joker.

Bane pergi ke pusat kota bersama pasukannya dan menyatakan sebuah pernyataan kepada lebih dari a thousand tahanan yang terdapat di Penjara Blackout akibat dari kebijakan hukum Dent. Di sana, Bane juga membacakan kebenaran Dent yang seharusnya dibacakan Gordon saat memberikan pidato pada perayaan Dent’s Day yang lalu. Saat itu juga, Bane memberi kemerdekaan kepada lebih dari one thousand tahanan tersebut dengan membebaskan mereka dari Penjara Blackout. Selina Kyle yang juga sedang menghuni penjara tersebut ikut terbebaskan.

Bagaimana tidak, Rachel sang kekasih yang dicintainya tewas akibat perbuatan si Joker. Padahal Rachel memberi harapan pada Bruce, apabila dia meninggalkan dunia Batman maka Rachel bersedia hidup bersama sosok Bruce. Dalam keputusasaannya ditambah dengan situasi dan kondisi kota Gotham yang aman serta terkendali selama delapan tahun ini makin membuat Bruce terpuruk dalam kesedihannya. Mata yang cekung dengan garis-garis guratan disekitarnya serta wajah yang sedikit kusam dapat ditampilkan dengan baik. Bruce Wayne sedang galau, lemah dan rapuh tidak hanya fisik melinkan juga psikis.

Bersama dengan saudara kandungnya, Jonathan Nolan, hadirkan sebuah narasi film penuh ‘kegelapan’ tentang seorang pria yang berupaya menelusuri lika-liku penuh misteri mengenai jejak pelaku pembunuhan sang istri. Berkat movie ini, Nolan bersaudara berhasil meraih piala Oscar untuk kategori movie orisinal terbaik di ajang Academy Awards 2002. Nolan juga disebut sebagai sutradara pertama yang berhasil meramu dengan baik sisi drama dan kompleksitas konflik pada movie-movie pahlawan tremendous, seperti yang tampak sejak reinkarnasi Batman dalam trilogiDarkKnight. Film spiderman besutan Sam Raimi mungkin merupakan film superhero pertama terlaris sebelum Batman milik Nolan mengemuka di layar lebar.

Dalam sebuah pertemuan di rumah seorang jutawan, Bruce Wayne , salah satu pelayan rumah Wayne, Selina Kyle , melakukan pencurian terhadap berlian milik Bruce setelah dia berhasil menyusup masuk ke kamarnya. Tidak hanya itu, dia juga berhasil mengambil sidik jari milik Bruce. Seperti konstruksi suatu bangunan kuat tidaknya terletak pada pondasi yang ditancapkan demikian juga pada suatu film. Ini yang menjadi perhatian utama Jay Oliva mulai ‘membangun’ cerita The Dark Knight Returns dari hal paling mendasar sampai kemudian menyusun ceritanya menjadi 2 level/tingkat dengan whole durasi hampir 2 jam 30 menit.

Keempat, sejak awal diinformasikan bahwa bom nuklir bisa meledak kapan saja dan tidak bisa diprediksi namun diakhir cerita bom nuklir memiliki waktu eksekusi seperti bom waktu. Kelima, bom nuklir yang berada dalam truk jatuh dari ketinggian fly over serta pada saat diseret oleh pesawat Batman menimbulkan percikan-percikan api namun tidak meledak, padahal seharusnya meledak. Keenam, bom nuklir yang meledak diatas laut seharusnya menimbulkan gelombang atau ombak yang besar tetapi hal ini tidak terjadi. Sikap dan karakternya memang sesuai dengan apa yang diinginkan sosok tsb. Sebagai salah satu kartu truff pada seri sebelumnya Gordon mengetahui kejadian sebenarnya tentang Harvey Dent seorang jaksa wilayah yang digadang-gadang sebagai pengganti Batman dalam memerangi kejahatan.

mengirim pesan memiliki motif dan tujuan, yang sering disebut juga motif komunikasi. Namun akhirnya teror juga muncul kembali dengan penjahat bernama Bane . Ia berupaya menebar kekacauan dengan meledakkan jembatan Gotham serta blokade kota Gotham.

Ia ingin masyarakat Gotham tetap mendapatkan figur pahlawan yang mereka butuhkan, yaitu Harvey Dent. Dan Batman siap difitnah, diburu, dan dihina banyak orang atas kejahatan yang ia tidak pernah lakukan. Karena dia bukan pahlawan, dia adalah penjaga yang pendiam, pengawas yang penuh perhatian.

Todd Phillips beberapa waktu menyatakan bahwa ia tertarik untuk membuat lanjutan dari film Jokeryang dibintangi Joaquin Phoenix ini. Phillips pernah mengungkapkan Joker adalah film yang tidak membutuhkan sekuel. Tetapi film yang harusnya mereunikan Harley Quin dan Joker dihapus dari slate proyek DC.

Namun sayangnya para orangtua membawa anak-anaknya yang masih kecil yang menurut perkiraan saya masih usia TK atau SD untuk menonton bersama mereka. Satu lagi film yang dibuat berdasarkan komik tentang tokoh superhero produksi DC Comics hasil buah karya Bob Kane.

Tahun ini menjadi tahun yang paling dinanti para penikmat film, terutama mereka yang menggemari cerita sang Caped Crusader, Batman, garapan Christopher Nolan. Antusiasme yang begitu hebat akan film ketiga Batman-nya Nolan ini membuat beberapa orang tak sabar dalam mengungkap sekelumit ceritanya. Pada suatu ketika, Bane melancarkan serangannya pada sebuah kantor bursa saham Gotham dan berhasil memindahkan seluruh uang ke dalam sebuah rekening yang ternyata adalah milik Perusahaan Wayne. Dalam kasus tersebut, Batman kembali muncul untuk membantu pengejaran terhadap Bane. Batman sempat terdesak namun akhirnya dia terselamatkan berkatThe Bat – sebuah hasil modifikasi dari Batmobile buatan Lucius Fox yang dapat difungsikan untuk berkendara melalui udara – miliknya.

Dia dibantu Jim Gordon + detektif Blake berusaha buat nyari tau gimana cara buat ngalahin Bane dan anak buahnya. Dipenjara si Bruce ditolong sama anggota perserikatan bayangan . Nah kelompok ini menganggap kalau kota Gotham itu sudah ga bisa ditolong lagi.

Jika melihat angkanya yang cukup fantastis, dapat disimpulkan bahwa Nolan memiliki ambisi besar untuk proyek film ini. Ambisi ini tumbuh dimulai dari keberhasilannya membawaInceptiondanInterstellar. SelainTenet, dilansir dari Box Office Mojo, Christopher Nolan menghabiskan anggaran US$250 juta untuk filmThe Dark Knight Rises.Film ini kemudian menjadi salah satu karya terbesar, termahal, dan tersukses dari Christopher Nolan.

Salah satu anggota kepolisian, John Blake (Joseph Gordon-Levitt) menemukan tubuh Gordon di muara aliran air selokan tersebut dalam keadaan terluka. Setelah semua selesai, Harvey Dent pun meninggal, menyisakan citra buruk tentang pengkhianatan yang ia lakukan terhadap kebaikan yang dulu ia tegakan. Jika saja orang tahu, maka musnahlah segala perjuangan Batman, Gordon dan Harvey .

Sinopsis FIlm Batman The Dark Knight Rises

Ada Karakter Selain Joker

The Dark Knight Rises merupakan movie ketiga dari trilogi film Batman arahan sutradara Christopher Nolan. Pada movie pertama yaitu Batman Begins, diceritakan mengenai asal mula Bruce Wayne menjadi Batman. Sebelum menjadi Batman, Bruce Wayne dilatih oleh Ra’s Al Ghul & Laskar Bayangannya agar menjadi pribadi yang lebih kuat dan mampu memimpin Laskar Bayangan di kota Gotham kelak.

Sinopsis FIlm Batman The Dark Knight Rises