0 8 min 4 tahun

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan

Menjaga berat badan memang penting, tetapi tujuannya adalah untuk kesehatan, bukan karena takut dicap dengan label tertentu. biem.co – Memiliki berat badan ideal menjadi harapan hampir setiap orang, terutama perempuan. Tak bisa dipungkiri, bertubuh gemuk kerap menjadi momok menakutkan, sehingga tak sedikit yang kemudian berlomba-lomba mengurangi berat badan agar bisa tampil lebih percaya diri dan menawan.

Seperti karya-karya Ernest sebelumnya, movie ini menyuguhkan cerita tentang isu sosial yang beredar di kehidupan kita saat ini yakni body shaming dan cyber bullying. Sebenarnya, tidak ada yang begitu istimewa dari pengambilan gambar untuk movie ini, selain dari ceritanya sendiri yang kaya makna.

Film ini akan mendedah isu soal body shamming atau mengejek bentuk tubuh dan mencintai diri sendiri yang disampaikan melalui sebuah komedi. Untuk proses produksi, Jessica Mila pun dituntut menaikkan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam jangka waktu sebulan. Fimela.com, Jakarta Sukses dengan pencapaiannya di layar bioskop, movie Imperfect kini dapat disaksikan kapan pun lewat Netflix. Tanpa harus ke bioskop, karya kelima Ernest Prakasa ini dapat disaksikan di rumah bersama orang tersayang. Rara yang terlahir dari rahim seorang mannequin sukses di era 90-an bernama Debby , harus menjalani hidup penuh tekanan bully, physique shaming, dan magnificence standard lantaran memiliki fisik yang berbeda dengan adiknya, Lulu .

movie karya Ernest Prakasa dengan Meira Anastasia akan rilis mulai hari ini, Kamis 19 Desember 2019. Suatu hari, Rara mendapat kesempatan untuk naik jabatan di kantor, tetapi Kelvin atasannya mengharuskan Rara mengubah complete penampilan jika ia mau mengemban tanggung jawab baru ini. Dengan rilisnya di aplikasi Netflix, penonton bisa menyaksikan kapan saja tanpa harus ke bioskop. Sikap Rara pun lama-lama ikut berubah, namun Dika , kekasih Rara selalu berada di sisinya dan menemani Rara dalam kondisi apapun.

Reza Rahadian pun tertarik dengan tema movie ini, sehingga ikut berperan sebagai Dika, kekasih Rara. Tidak hanya sebagai pemain, aktor ini turut mengisi soundtrack dengan menyumbangkan lagu Tak Harus Sempurna yang ia tulis sendiri. Tidak hanya Ernest yang menganggap film ini sangat menantang, begitu pula Jessica Mila dengan peranRara.

Yap, berbeda dengan bukunya yang menceritakan perjalanan Meira sebagai seorang istri Ernest Prakasa yang kurang memenuhi ekspektasi netizen. Nantinya, masing-masing dari karakter dalam movie Imperfect itu akan mencoba melakukan transformasi. Sampai akhirnya mereka menyadari ada hal yang lebih penting selain menuruti kemauan orang lain. Imperfect berkisah tentang Rara yang tak peduli dengan ejekan orang lain mengenai bentuk tubuhnya yang tidak proporsional untuk ukuran seorang perempuan seusianya. Selain itu, movie ini juga melibatkan pemeran dengan jumlah terbanyak bila dibandingkan keempat movie garapan Ernest.

Ia pun menyetujui dan berusaha dengan berbagai cara, termasuk mengubah pola makan. Wayan Diananto dari Liputan 6 menyebut movie ini adalah jenis yang membesarkan hati, membangkitkan optimistis dengan sesekali menjewer sanubari. Maria Cicilia yang mengulas untuk Antara menyebut movie ini mampu membawa isu peka dengan gaya yang ringan, penuh celotehan dan tawa, sehingga isu itu hadir dan membentuk sudut pandang baru bagi penonton. Windy Eka Pramudya dari Pikiran Rakyat menyebut penonton akan dibuat tertawa dan terharu secara bergantian ketika menonton movie ini.

Hidup dengan standar yang diciptakan orang lain adalah isu yang paling ditonjolkan dalam film ini dan memang sangat relevan dengan kehidupan. Body shaming sering menjadi sebuah lelucon dalam pergaulan bahkan di lingkungan keluarga. Rara sangat beruntung karena memiliki kekasih seperti Dika yang mencintai dan menerima apa adanya. Dika menganggap Rara sosok yang sempurna karena memiliki hati yang baik dan lembut.

Hal itu yang membuatnya bersahabat baik dengan Fey , rekan kerja Rara di sebuah perusahaan besar produsen produk-produk kecantikan. Mencintai diri sendiri, menurut Roslina, tidak bisa dilakukan secara instan. Semua harus melewati proses agar benar-benar mengerti dan memahami diri sendiri.

Konsep yang dibawa Rara akhirnya membuat Malathi bangkit lagi dari krisis. Perusahaan itu mengalami masalah keuangan, jadi Kelvin membutuhkan pengganti yang bisa mengatasi masalah itu. Meskipun Rara lebih cerdas ternyata ia tak menjadi pilihan utama karena cerdas dan kesenioritasannya tidak cukup, penampilan pun diutamakan apalagi ketika bertemu klien. Selain memiliki kebaikan hati yang begitu rupa, Rara juga merupakan sosok cerdas dan setia kawan.

Suatu hari dalam rapat perusahaan, Kelvin menyalahkan Rara karena kinerja buruk, lalu Rara jatuh pingsan. Ia dibawa ke IGD dan diperiksa dokter ternyata Rara kekurangan karbohidrat dan tekanan darah rendah efek samping diet nya. Setelah dari IGD Rara menemui Dika dan terjadi kesalahpahaman antara Rara dengan adiknya, Lulu, yang sedang melakukan pemotretan bersama dengan Dika.

Ia berkata bahwa pengalaman yang ia dapatkan malah membuat dirinya termotivasi. Selain memicu semangatnya untuk belajar mencintai diri sendiri, tetapi juga untuk menulis buku. “Sekarang dengan hadirnya media sosial, seseorang begitu gampang membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain. Padahal, lebih baik fokus mencari kebahagiaan di dalam diri, bukan karena komentar terhadap fisik dan penampilan,” kata Meira.

Fey , sahabatnya selalu ada untuk Rara dan berusaha memberikan motivasi pada Rara untuk bisa melawan bully. Adapula Dika kekasih Rara yang tak malu berpacaran dengan perempuan bertubuh gemuk.

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan Mengajak Untuk Mencintai Diri Sendiri Film Liburan Keluarga Akhir Tahun 2019

Pemilihan aktor untuk setiap tokoh terasa pas, semuanya dapat membawakan perannya dengan maksimal. Shareefa Danish menjelma menjadi teman yang blak-blakan dan suportif, rasanya lenyap begitu saja dari benak tentang perannya yang selalu menyeramkan di movie thriller/horor.

Mila berpendapat, apa yang dialami Rara bisa jadi dihadapi para perempuan maupun laki-laki di kehidupan nyata. Terlebih, ada semacam standar kecantikan dan standar tubuh perfect yang terbentuk sehingga banyak orang meyakininya. “Bukan sekadar lucu, tetapi ada beban story di mana komedi dipakai untuk menarik gerbong cerita. Kesulitannya karena tema yang diusung cukup berat jadi memilihnya lebih hati-hati, beberapa kali diganti,” kata Acho. Ernest dan istrinya, Meira Anastasia, yang juga menulis skenario untuk Imperfect mampu membawa isu body shaming ini dengan gaya yang ringan, penuh celotehan dan tawa.

Karena kami percaya, sebelum kita mencintai orang lain, jangan lupa mencintai diri sendiri dulu. Ketika Rara dihadapkan pada pilihan pada kariernya untuk berubah secara fisik, hubungan percintaannya dengan Dika menghadapi sebuah permasalahan baru. Dan sepanjang hidupnya, Rara merasa bahwa timbangan adalah musuh abadi karena tidak memberikan hasil yang Ia inginkan selama ini. Maka kami memilih kata karier, cinta dan timbangan menjadi sub judul dari film ini.

Ditambah, karena fisiknya, dia sering terkena perisakan verbal dari orang lain. Untungnya, Jessica Mila berhasil tampilkan tokoh Rara sebagai tempat para cewek untuk bercermin untuk menemukan versi terbaik dari dirinya sendiri. Selain harus menaikkan berat tubuhnya hingga 10 kilogram, Mila juga harus melewati proses make-up selama dua jam setiap harinya untuk menghadirkan sosok Rara seperti yang ada di movie. Kerja keras Mila terbukti sukses saat teaser poster dan teaser trailer diluncurkan dan mengundang komentar positif dari para netizen.

Sinopsis Film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Proses syuting dimulai pada 28 Juli 2019 di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Soal pembagian dua fase, Jessica Mila dituntut menaikkan berat badan sebanyak 10 kilogram. Dia diberi waktu satu bulan untuk melakukan perubahan drastis pada tubuhnya. Ibu Kelvin-Melinda mendatangi perusahaan Kelvin dan menyebut perusahaan tersebut masih belum berhasil mengatasi keadaan.

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan