0 6 min 4 tahun

Review FIlm MARRIAGE STORY

Tidak lama kemudian, mereka bersedia melonggarkan tuntutan masing-masing dan meresmikan perceraiannya. Nora sudah duluan merundingkan bagi-hasil yang menguntungkan Nicole. Charlie Barber adalah sutradara teater yang cukup sukses di New York City.

Teaternya sedang memproduksi drama yang dibintangi istrinya, Nicole , mantan aktris movie remaja. Keduanya mengalami prahara rumah tangga dan meminta bantuan penengah. Sang penengah menyarankan agar mereka menuliskan semua hal yang disukai dari satu sama lain, tetapi Nicole malu membacakan tulisannya. Percakapan memang menjadi salah satu kekuatan utama film-film Noah.

Malam itu juga, Nicole menawarkan Charlie untuk membawa pulang Henry, padahal hari itu jatahnya Nicole. Ketika Charlie menggendong Henry yang tertidur ke mobilnya, Nicole memanggil Charlie, mengikat tali sepatunya, dan mengucapkan selamat tinggal. Atas saran Bert, Charlie menyewa tempat tinggal di Los Angeles supaya bisa lebih dekat dengan keluarganya dan punya alasan kuat menjadi orang tua asuh Henry. Karena Charlie tidak mau lanjut ke pengadilan, Bert mempertemukan Charlie dengan Nora dan Nicole. Menurut Nora, Charlie tidak menghargai keinginan Nicole untuk pulang ke Los Angeles, dan Henry lebih memilih tinggal dengan ibunya daripada terbang pulang-pergi ke New York.

Pasangan itu menginginkan perpisahan yang baik-baik, namun kondisi berubah menjadi sesuatu yang lebih buruk ketika pengacara perceraian ikut terlibat. Scarlett Johanson dan Adam Driver menghadapi masalah yang berujung dengan rusaknya pernikahan mereka sehingga harus mengalami perceraian.

Di sisi lain, ada banyak hal yang membuat Marriage Story bisa jadi the subsequent La La Land. Bukan dari segi musikalnya, tapi dari segi penyampaian kisah bahwa cinta nggak harus bersama. Kehidupan rumah tangga Charlie dan Nicole ditampilkan dengan apa adanya. Seperti kondisi finansial, hubungan dengan mertua, sampai kebiasaan tidur anak dan orang tua. Hal ini jarang kita temukan di movie-film romantis Hollywood.

Ya iyalah, orang yang baik-baik saja ketika putus kalau nggak karena dia berhasil keluar dari hubungan toxic, pasti karena dia yang brengsek. Mereka putus setelah pacar Nicole untuk kali ketiga janjian sama cewek open BO di salah satu apartemen di Jakarta.

Review FIlm MARRIAGE STORY

Dalam pertemuan terpisah, Bert menyarankan Charlie untuk membatalkan programnya di New York, tetapi Charlie menolak dan langsung memecatnya. Pengambilan gambar dilakukan di Los Angeles dan New York City pada Januari hingga April 2018. Film ini tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-76 tanggal 29 Agustus 2019, dirilis terbatas di bioskop pada 6 November 2019, lalu dirilis secara digital di Netflix pada 6 Desember 2019. Ada dua keunikan yang dikawinkan Noah Baumbach dalam karya terbarunya sebagai penulis naskah dan sutradara yang membahas tentang perceraian.

Mengarungi arus idealisme dan belajar soal theater craft bersama Charlie. Johansson mengatakan, akan mengalami perceraian ketika pertama kali bertemu Baumbach untuk berbicara tentang film tersebut. Perempuan berusia 34 tahun ini sebelumnya menikah dengan aktor Ryan Reynolds dan kurator seni Romain Dauriac. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Noah Baumbach, adalah salah satu film yang paling ditunggu-tunggu di Festival Film Venice.

Namun ketika bertemu Charlie, Ia memilih untuk berkarir di dunia teater dan pindah ke New York. Menghabiskan waktu lebih dari sepuluh tahun bersama Charlie, nyatanya Nicole nggak mampu menemukan jati diri dan juga kebahagiaannya sendiri.

Mengambil Hikmah Dari Film ‘Marriage Story’

Namun apa yang dirasakan Nicole dalam pernikahannya selama sepuluh tahun, seakan tidak ada lagi yang tersisa yang bisa membuatnya mempertahankan pernikahannya dengan Charlie. Nah, kondisi inilah yang terjadi pada tokoh Adam Driver dan Scarlett Johansson. Kondisi ini yang sekaligus membuat movie Marriage Story jadi tidak sederhana. Dan dalam sudut pandang keaktoran jadi sangat rumit dan sulit.

Review FIlm MARRIAGE STORY

Proses perceraian yang memakan waktu, tenaga, dan biaya cukup banyak terbukti makin menyusahkan keduanya dalam mengakhiri hubungan. Penonton pun dipertontonkan bahwa komplikasi dalam sebuah hubungan bisa muncul dari hal-hal sepele. Keputusan yang diambil dalam ikatan pernikahan pun tidak bisa lagi hanya mementingkan ego masing-masing.

‘Marriage Stor” tidak akan menjadi sebuah drama yang sangat baik jika tidak didukung dengan penampilan aktor yang prima. Adam Driver dan Scarlett Johansson mendapatkan middle stage di movie ini dan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kita melihat bagaimana Baumbach menggambarkan baik karakter Nicole dan Charlie masing-masing mempunyai alasan kenapa mereka berpisah. Menarik sekali menyaksikan sebuah film tentang perceraian dan penonton diajak untuk tidak memihak satu karakter pun.

Review Film This Is Spinal Tap ( : Mokumenter Rokumenter

Charlie akhirnya selalu merasa bahwa semua keputusannya adalah yang terbaik untuk keluarganya tanpa mendengarkan apalagi menimbang pendapat Nicole dan Henry, anaknya. Bahkan ketika salah satu dari mereka menyuarakan keinginannya berulang kali untuk menetap di LA, Charlie tetap mengelak dan bersikukuh dengan keputusannya untuk kembali tinggal di New York adalah yang terbaik.

Marriage Story Review: Drama Pernikahan Yang Natural Dan Relevan

Keinginan pasangan ini menjalani perceraian yang biasa saja seperti halnya bom waktu yang siap meledak. Charlie bahagia punya istri kayak Nicole yang bisa nyukur rambut suaminya sehingga ongkos barber shop kalau pelan-pelan ditabung bisalah buat nonton konser reuni band-band tua.