0 4 min 4 tahun

FYI, Michael memang ingin melebarkan bisnis ke Las Vegas karena kota New York sudah tidak kondusif. Perang terhadap mafia memang mulai dicanangkan oleh pemerintah federal. Selain balas dendam kepada musuh keluarga, Michael pun membersihkan anggota keluarga dan loyalis yang dianggap dan diyakininya menjadi musuh dalam selimut. Adik iparnya, yaitu Carlo Rizzi, yang sering ringan tangan terhadap adiknya terbukti dan mengaku terlibat pembunuhan Sonny.

Namun menariknya, Didi Kempot ini jadi perbincangan di kalangan anak muda, padahal musik campursari biasanya identik dengan musik bapak-bapak dan ibu-ibu atau orang yang lebih tua. Seorang pria berbicara monolog dengan suara bergetar. Dirinya berkisah bahwa satu2nya anak gadisnya tengah mendapatkan musibah. Pria ini mengemis bantuan kepada Don Vito Corleone, mafia penguasa New York untuk menghabisi kedua pria tsb dan menegakkan keadilan.

Michael tidak mau tinggal diam dan membalaskan dendam yang berakibat Michael harus diasingkan ke Sicilia, Italia. Persaingan bisnis memakan korban lain yaitu Sonny Corleone yang terbunuh di gerbang jalan tol dan memaksa Michael pulang dari Sicilia. Michael berusaha membalas dendam pada orang-orang yang berniat menghancurkan keluarganya. Melihat para loyalis yang tertarik itu, tetapi tidak dikabulkan oleh Don Vito, si Sollozzo kemudian melakukan praktek adu domba dan penculikan serta rencana pembunuhan terhadap Don Vito . Salah satu loyalis dikirim ke Sollozzo untuk mengetahui konspirasi yang dirancang terhadap dirinya, tetapi naas, si loyalis dibunuh dengan keji.

Jangan lupakan pula Talia Shire yang sangat mengagumkan sebagai Connie. Dalam scipt hasil Francis Ford Coppola bersama Mario Fuzo, juga terbukti berperan penting dalam jalannya film ini.

Poster film The GodfatherKeseharian Godfather yaitu menemuai orang-orang yang ingin menggunakan jasanya, terutama terkait hal-hal kriminal. Mereka termasuk salah satu mafia yang paling berkuasa dengan menguasai bisnis prostitusi, perjudian, dan minuman keras. Semoga teman-teman yang belum menonton film ini dapat kesempatan menikmati movie ini yang menurut saya memang sangat sayang jika dilewatkan.

Selain tokoh Don Corleone beserta keluarganya, Puzo juga menghadirkan tokoh Tom Hagen selaku consiliegri, satu-satunya consiliegri yang bukan berdarah Italia. Juga terdapat tokoh Jhonny Fontane, penyanyi tenar sekaligus aktor terkenal.

Marlon Brando memerankan Don Vito dan Al-Pacino berperan sebagai anaknya bernama Michael. Film ini dirilis dan sukses di pasaran, yang kemudian muncul-lah movie-movie bergenre sejenis di Hollywood yang mengetengahkan kehidupan mafioso. Kemudian film-movie Hongkong pun juga menjiplak jalan cerita movie ini. Sebut saja film The Dragon Family yang berisi aktor-aktor besar seperti Andy Lau.

Komposisi visual yang demikian kuat begitu dominan dalam film ini. Adegan pembantaian sadis Sonny di jalan tol tampak begitu “indah” dinikmati ketimbang aksi brutalnya sendiri. Satu momen yang paling menggetarkan adalah adegan klimaks ketika pembaptisan sang bayi di gereja yang dipotong dengan aksi pembantaian seluruh musuh keluarga Corleone. Aksi pembantaian dimulai sesaat setelah sang pendeta selesai berucap, “…do you resign satan?

Baik itu Marlon Brando, Al Pacino, James Caan, hingga Robert Duvall berhasil memainkan setiap porsi mereka dengan sangat baik. Al Pacino misalnya, yang sukses bertransformasi menjadi sosok pemimpin mafia berdarah dingin, atau Marlon Brando yang sukses memerankan pemimpin jaringan mafia yang bijaksana dalam mengambil sikap. Tapi, yang lebih mencengangkan dari Marlon Brando adalah ekspresinya, saya tak tahu bagaimana caranya ia membentuk ekspresi wajah ikonik seperti itu.

Alasan Tak Sertakan Anak Sambung Di Bio Ig, Zaskia Adya Mecca Sebut Tetap Hargai Mantan Istri Hanung

Sehingga membuat cerita berjalan dengan cukup manis dibanding yang sebelumnya. Dari segi cerita, The Godfather III memiliki banyak muatan cerita romance.