0 4 min 4 tahun

Keduanya tidak dapat percaya sepenuhnya dengan Gollum yang mengantar mereka menuju Mordor. Sam dan Frodo kemudian mendapatkan bantuan dari makhluk bernama Gollum.

tirto.id – Gandalf dan Aragorn memimpin World of Men melawan pasukan Sauron untuk mengalihkan pandangannya dari Frodo dan Sam yang mendekati Gunung Doom dengan One Ring. Mereka menemukan Treebeard di menara Orthanc di pusat Isengard, tempat Saruman (Christopher Lee) terperangkap. Gandalf menentang pendapat Gimli untuk membunuh Saruman, dan mengatakan bahwa penyihir itu sudah tidak memiliki kekuatan lagi dan tidak akan menimbulkan ancaman lebih lanjut.

Fellowship di Rohan diperingatkan tentang serangan yang mungkin terjadi ketika Pippin tidak bisa menahan diri untuk melihat ke arah Saruman dan bertemu dengan the Dark Lord. Sam mengikuti Orc melalui Menara Cirith Ungol dan membebaskan Frodo sehingga mereka dapat melanjutkan perjalanan mereka. Kemudian dia mengasingkan diri ke Misty Mountains bersama cincin yang mempengaruhi tubuh dan pikirannya hingga dia berubah menjadi makhluk yang bernama Gollum. Theoden meninggal karena lukanya meskipun Eowyn menghancurkan Penyihir dengan bantuan Merry. Ia merekrut Army of the dead berjanji membebaskan mereka dari kutukan yang dikenakan Isildur terhadap mereka.

Pertengkaran berubah menjadi pembunuhan, Sméagol mencekik temannya dengan tangan kosong dan mengambil Cincin itu dari kepalan tangan Déagol. Menderita kesepian dan rasa malu yang luar biasa, Sméagol mendapatkan penghiburan dalam cintanya pada Cincin, yang perlahan-lahan menyiksa pikirannya. Dia berlindung sendirian di gua-gua di bawah gunung, di mana di bawah pengaruh Cincin dia hidup sampai usia yang sangat lama. Dia berubah menjadi makhluk bungkuk, sembunyi-sembunyi, menyelinap dan dikenal dari suara tidak menyenangkan yang dia buat di tenggorokannya, “Gollum.” Denethor membawa Pippin dengannya, sedangkan Gollum memimpin Frodo dan Samwise ke Minas Morgul.

The Lord of the Rings: The Return of the King

Dikelilingi oleh keluarganya dan dengan sisa hidupnya di depannya, Sam menghela napas dan berkata, “Ya, aku kembali.” Sementara itu, Frodo dan Sam terus membawa One Ring menuju Mordor, dipandu Gollum. Yang tidak mereka ketahui adalah Gollum memimpin mereka ke dalam jebakan sehingga dia bisa mendapatkan kembali Cincin itu untuk dirinya sendiri. Kedua hobbit ini mulai memanjat tangga batu yang katanya akan membawa mereka ke Mordor melalui jalan rahasia.

The Lord of the Rings: The Return of the King

Frodo meminta Sam pulang sebelum Frodo dan Gollum melanjutkan terowongan menuju ke Mordor. Mereka berusaha mengalihkan perhatian Sauron dari Frodo yang sedang berusaha menghancurkan cincin. Sam beranggapan bahwa Gollum hanya mencuri kesempatan untuk mengambil cincin dari mereka dan akan membunuh mereka berdua. Frodo Baggins masih berjuang untuk menghancurkan cincin berkekuatan magis demi menyelamatkan dunia dari sang raja kegelapan Sauron.

Frodo melanjutkan perjalanannnya tapi Shelob menemukan dan melumpuhkannya. Sam yang marah karena melihat Frodo lebih percaya pada Gollum pergi.

The Lord Of The Rings: The Return Of The King (Film)

Mereka kembali memulai perjalanan panjang melintasi Mordor ke Gunung Doom. Gandalf menyadari bahwa sepuluh ribu Orc berdiri di antara Cirith Ungol dan Gunung Doom, yang akan mencegah Frodo mencapai tujuannya. Aragorn mengusulkan agar memimpin tentara yang tersisa ke Gerbang Hitam untuk menarik para Orc dari jalan Frodo, serta mengalihkan perhatian Mata Sauron. Sam membawa Frodo ke Gunung Doom, tetapi Gollum datang dan menyerang mereka, tepat saat Pertempuran Morannon dimulai.